Wednesday, April 22, 2015

Partnermu tiba tiba Ngilang ?


Partnermu tiba tiba Ngilang ?

Assalamu’alaikum sob !
            Ketemu dia artikel pertama yang aku buat nih sobat OSTA, udah siap dong pastinya baca tentang solusi solusi dalam berorganisasi ???
            Kali ini aku ingin berbagi tips yang cukup penting kamu terapin diorganisasi, karna masalah ini jadi sebuah masalah klasik sob di setiap organisasi, apalagi organisasi yang kegiatannya cuman kadang kadang aja, gak ada kontinuitas buat terus ada kegiatan.
            Dari beberapa kasus sob, aku nemuin anggota yang tiba tiba menghilang gak ada angin gak ada ujan, tiba tiba aja ngilang, kenapa bisa gitu ya? Padalah keliatannya di organisasi egak ada apa-apa, kegiatan juga jalan terus, komunikasi juga cukup ( perasaan sih udah ), atau bahkan juga udah dikasih tanggung jawab jadi ketua inilah atau jadi penanggung jawab itulah, ayng kadang kita sudah mengantisipasi agar mereka agar tidak lari dengan hal hal diatas, tapi kualitasnya gimana sob? Udah membuat dia nyaman belum? Okey kita mulai bahas ya sob permasalahan kita yang satu ini.
            Dalam organisasi tentu anggota menjadi unsure yang amat penting dan harus ada, walau ada ketua ada sekretasris atau bendahara, tapi tidak ada unsure pelaksana tentu juga akan sia sia kan? Maka kita perlu menjaga anggota anggota tersebut sob dengan berbagai macam cara.
1.      Make they Confident
Hal pertama sob yang perlu kamu lakukan adalah, bikin dia senyaman mungkin didalam keanggotaan itu, gimana caranya bos? It’s simply sob, hal yang perlu kita lakukan adalah bikin sesuatu ayng membuat dia terustertarik ada didalam keanggotaan tersebut, semisal ya, kamu bikin sebuah kegiatan yang buat mereka itu seneng, bukan hanya mereka harus melaksanakan kegiatan yang kamu bikin, tapi mereka juga harus dapet feelnya disitu, kenapa harus gitu? Karna biar merekapun juga seneng ngelaksanaain, tanpa ada paksaan dan tekanan.
bukankah kalo kamu ngelakuin kegiatan yang kamu suka juga akan semangatkan sob? Cara lain biar anggota kamu nyaman di akeanggotaan kamu adalah, kamu semisal jadi pemimpin di dalam keanggotaan tersebut, jangan otoriter deh, jangan sok ngatur, apalagi merintah merintah, lah terus mau mimpin gimana caranya kalo gak nyuruh, ngatur atau merintah? Inget ya sob ya, pemimpin itu bukan orang yang hanya duduk dan ngasih kode ke mereka yang jadi anggota, tapi pemimpin itu yang mau ikut membersamai mereka, ikut merasakan sulitnya, ikut terjun kelapangan dsb.
Ini poin pentingnya! Manusia itu pada dasarnya tidak ingin dipimpin, pada dasranya ya sob, tapi dia ingin ada orang yang jadi pembimbingnya, yang tersu membantu saat dai ngelakuin tugas yang dikasih, nah disinalah letak kita harus peka sob, sesibuk apapun kita, sepadat apapun yang kita urusi, kita harus tau mereka progressnya sampai mana, dan harus ikut terjuan ya walaupun hanya memebri saran pada mereka, tapi ragamu ada di deket mereka.
2.      Make they believe in you
Ini hal yang penting juga sob, kamu harus buat mereka itu percaya padamu apapun yang kamu tugaskan pada mereka. Tentunya ini menyumbang besar untuk menimbulkan keyakinan mereka untuk terus ada di dalam keanggotaan organisasimu. Jika seseorang itu sudah yakin terhadap yang memimpinya itu, pasti dalam keadaan apapun sob, mereka ndak akan ninggalin keanggotaan itu apapun alasannya, karna mereka yakin dengan kamu jadi pemimpin, impian mereka akan tercapai dan apa yang mereka butuhkan akan didapatkan dari dirimu, untuk yang ini kita bahas diartikel lain ya sob, hehe
3.      Perhatian itu penting !
Sob hal lain yang gak kalah pentingnya adalah perhatian buat mereka, perhatian? Emang aku pacarannya? Haha. Ya gak lah sob, bukan perhatian yang semacam itu. Tapi perhatian yang lebih dari itu, sebagai pemimpin pastinya kita dituntut untuk jadi multi talenta dalam segi apapun. Pemimpin mah gitu orangnya, hihihi :D. nah gini sob, perhatian yang harus kamu berikan ke mereka adalah, dalam bentuk yang berbeda dari perhatian kamu ke pacar ya sob, hehe, tapi semacam ini.
Pada dasarnya lagi ya sob, manusia itu suka diperhatiin dari hasil kerjanya, iya gak? Manusia itu sangat suka diharga karyanya, apapun hasilnya. Nah poin ini yang amat penting bagi pemimpin, untuk terus memperhatikan, memberi pujian dan memberi saran, bukan kritik ya sob. Dan tentunya, kamu harus kasih sedikit contoh pada dia terkait apa yang seharusnya dia kerjakan, bukan untuk menggurui, tapi untuk membimbing dia dan merasa bahwa dia dapat perhatian dari kamu.
Inget juga sob ! perhatian itu bukan hanya kamu nanyai kerjaan mereka lewat sms atau hanya pas ketemu aja, tapi terus memberikan sesuatu yang dia butuhkan untuk progressnya. Dapet ya sob poinnya ?
4.      Jadilah tempat terbaik untuk mereka
Poin ini buat setiap orang yang memiliki anggota, baik ketua divisi, sekretaris atau bendahara sob. Maksudnya apa sih jadi tempat terbaik? Maksudnya adalah, kamu harus jadi tempat yang terbaik bagi mereka menceritakan segala problemmu, baik in atau ex organisasi ya sob, tapi jangan maksa buat mereka cerita, tapi kamu harus ada di dekat mereka dari sisi perasaan maupun raga. Itu akan bikin mereka merasa memang kamulah yang paling dekat, dan pastinya mereka akan cerita apapun yang jadi pikiran dari mereka.
Menurut pengalaman ya sob, inilah yang jadi maslah besar yang bikin anggota itu menghilang tiba-tiba, karan mereka idak menemukan solusi dari masalah mereka, lalu mereka menyalahkan apapun atas timbulnya masalah tersebut. Jadi, kita harus antisipasi dari awal dengan kita terus ada untuk mereka, jangan sampai saat mereka sudah menghilang kita baru tanyakan ke mereka.
Karna apa sob? Mengembalikan anggota yang sudah menghilang ke dalam organisasi itu sulit sob. Lebih baik kita sudah antisipasi mereka dari awal jangan sampai mereka pernah keluar dari organisasi kita, karna semangatnya juga psti akan beda, aka nada kecanggungan kecanggunag yang akan timbu dari mereka.
 Nah kayak gitulah yang harus kita buat dulu, biar mereka nyaman ada di keanggotaan kamu. So, jangan lupa terus memperbaiki diri dari sisi apapun ya sob, jangan salahkan mereka karna mereka pergi dari keanggotaan, tapi terus koreksi dirimu.
Jangan lupa untuk kasih comment, kritik dan saran ya sob. Ditunggu lhoohhh. See you

Wassalamu’alaikum wr. wb

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post